Proposal Usaha
Bimbingan Belajar Fisika
Oleh :
GITRA LEGIARTI
(1301609)
JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2016
2016
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Di era globalisasi manusia dituntut memiliki
sumber daya berkualitas agar bisa bersaing dengan manusia lainnya sehingga
dapat bertahan hidup dan meningkatkan kualitas kehidupan. Dalam hal ini
kebutuhan hidup manusia yang meliputi pangan, sandang, dan papan serta
kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama di negara berkembang.
Salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan sangat dibutuhkan
untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pendidikan sangat berperan mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa, serta
membentuk perilaku yang baik di masyarakat sehingga masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif
selain pendidikan reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya.
Sekolah dan pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan
bagi masa depan. Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif
yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik,
memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak
didik dari sekolah.
Oleh karena itu, kami tertarik melakukan studi kelayakan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Kami
berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anak didik dengan biaya terjangkau untuk semua kalangan. Dengan kata lain, lembaga ini dapat memenuhi
kebutuhan pendidikan setiap peserta didik tanpa menitik beratkan biaya yang
menjadi beban orangtua.
2. Tujuan
a. Tujuan
umum:
-
Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa
-
Ikut mempersiapkan generasi yang cerdas dan mampu menjawab
tuntutan jaman
-
Ikut meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia
-
Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
b. Tujuan
khusus:
- Memberikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat
- Memberikan alternatif pendidikan
kepada masyarakat
3. Usaha yang Akan Dikembangkan
Kami bertujuan
merealisasikan dan mengembangkan usaha yang akan kami jalankan. Adapun bentuk
usaha yang akan kami jalankan adalah berupa perusahaan jasa yang bergerak di
bidang lembaga bimbingan belajar (kursus) Fisika SMA “Al-Hidayah”.
4. Penyelenggara
Lembaga ini didirikan dan diselenggarakan oleh 4 orang
individu yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan yang berkualitas,
mereka adalah
Sebagai
Pimpinan (Penanggung Jawab)
Sebagai
Administrator
Sebagai sebagai
Tutor Fisika SMP Tutor Fisika SMA
5. Tempat Penyelenggaraan
Lembaga ini diselenggarakan di Jalan
Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat.
6. Sasaran
Program-program dalam bimbingan belajar ini dibuka untuk anak SMP, SMA dan anak –
anak yang ingin memiliki kemampuan ataupun keahlian di bidang Fisika dengan
cepat dan mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus.
7. Analisis Pesaing
a. Pesaing
Adanya lembaga-lembaga bimbel ternama yang
terlahir lebih dulu seperti GAMA dan Ganesha tidak membuat kami pesimis
karena lembaga-lembaga bimbel masih banyak diminati, dan kebetulan di tempat ini belum ada
lembaga bimbel lainnya.
b. Resiko
Resiko yang dipertimbangkan dalam
memulai dan mengembangkan usaha ini adalah
harus mampu bersaing dengan lembaga bimbel lainnya
Hambatan ini dapat diminimalisir dengan menciptakan
inovasi yang berbeda dari lembaga bimbel lainnya, baik dari segi pelayanan,
harga, tempat dan lain-lain.
BAB II
DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
A. Aspek Pemasaran
Program-program dalam bimbingan belajar ini dibuka
untuk anak SMP dan SMA dan anak – anak yang ingin memiliki kemampuan ataupun
keahlian di bidang Mata Pelajaran Fisika .
Adapun program yang ditujukan kepada pelajar tingkat
SMP sampai SMA yaitu:
Tabel 1. Biaya Kursus Fisika
No
|
Jenis
|
Biaya
|
1
|
Fisika SMP Kelas VII
|
Rp. 80.000
|
2
|
Fisika SMP Kelas VIII
|
Rp. 80.000
|
3
|
Fisika SMP Kelas IX
|
Rp. 80.000
|
4
|
Fisika SMA Kelas X
|
Rp.
100.000
|
5
|
Fisika SMA Kelas XI
|
Rp. 100.000
|
6
|
Fisika SMA Kelas XII
|
Rp. 100.000
|
Tabel 2.
Waktu Kursus
No
|
Kelas
|
Waktu
|
1
|
Pagi
|
08.00 –
09.00
09.30 –
11.00
|
2
|
Siang
|
13.30 –
15.00
15.00 –
16.30
|
3
|
Sore
|
16.30 –
18.00
|
Semua pertemuan dilakukan secara reguler dua kali
dalam seminggu dengan durasi 90 menit/ pertemuan.
B.
Aspek
yuridis
Pertama sekali kami membuat ijin dengan melapor kepada
ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan. Setelah
surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif,
efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan
usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.
C. Aspek Organisasi dan Manajemen
Bimbel ini
berangkat dari sebuah lembaga yang berdiri karena kemitraan, sehingga jumlah
personil masih terbatas dan bahkan hasil rekruting dari lingkungan mitra kuliah
(teman di perkuliahan). Tetapi nantinya sejalan dengan perkembangan
perusahaan , maka harus ada perubahan baik system rekruting, jumlah personal
dan stratifikasi serta kualifikasi tenaga yang dibutuhkan. Dalam pengertian
ini, rekruting pekerja bertolak dari ukuran kualitas sumber daya manusia, dan
disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang ada di perusahaan. Kini tenaga
kerja di tempat kami masih berjumlah empat orang, meliputi
satu pimpinan (penanggung jawab), dua tutor,dan satu administrator.
Walaupun dengan personil yang terbatas, namun kami dapat mengatasi kekurangan
dengan menerapkan all in one job desk. Dalam pengertian setiap orang yang
menempati posisi tertentu memiliki beberapa job desk yang bahkan tidak
berkaitan dengan posisinya.
Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah
kualitas bukan kuantitas, jadi dengan keterbatasan personil kami dapat
meminimalisir cotibusion margin perusahaan. Walaupun terbatas, namun kami
memiliki SDM yang berkualitas. Hanya dengan SDM yang berkualitas, perusahaan
akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan untuk menjalankan
tugasnya. Di samping itu, kami senantiasa berusaha untuk menetapkan pola
strategi pemasaran yang dapat memenuhi kepuasan konsumen (costumer
satisfaction). Untuk memenuhi SDM yang sesuai dengan tuntutan manajemen, kami
menerapkan disiplin yang tinggi, sehingga dapat menangani pekerjaannya dengan
efisien, mampu mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
Walaupun bimbel ini berangkat dari usaha
kemitraan, tetapi dalam pengelolaannya kami memberlakukan kaidah – kaidah
manajemen modern. Berangkat dari system organisasi yang tergolong sederhana,
kami membuat bangun organisasi dan tata kerja yang mampu menampung seluruh
kegiatan perusahaan. Sehingga jalur komando, jalur koordinasi, tugas dan
tanggung jawab tidak birokratis atau berbelit – belit namun jelas, terarah
serta dapat dipertanggunngjawabkan.
D. Aspek Teknik Pelayanan
Pada awal berdiri dan usaha sendiri kami bermodalkan
ruko (rumah dan toko) yang dimiliki oleh salah satu dari kami. Pemanfaatan ruko
tersebut sebagai lokasi kursus bisa dibilang sangat strategis, karena terletak
di Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat. Dimana di sekitar lokasi
terdapat beberapa sekolah, mulai dari SMP sampai dengan SMA. Dan
tepatnya bimbel ini berada di depan komplek perumahan yang kemungkinan besar
peluangnya untuk mendaftar karena penduduknya hampir seluruhnya adalah orang
mampu yang pastinya selalu mengedepankan pendidikan. Dengan kapasitas ruko
yang memiliki tiga ruangan yang dimanfaatkan sebagai kelas, tiap kelas dapat
menampung 25 siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa. Dengan fasilitas
yang standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam variable cost. Karena
dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami
menyediakan pengajaran Fisika yang berkualitas.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan kursus ini akan lebih
mendekatkan costumer satisfaction guna menjaga keloyalitasan costumernya. Ada
beberapa hal yang menjadi key to success kami dalam menjaga keloyalitasan
costumer, yaitu meliputi:
1. Tangibles
Artinya fasilitas
fisik yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan menempati ruko bangunan baru,
suasana belajar akan terasa nyaman dan kondusif.
2. Reliability
Artinya konsisten
dalam penampilan pelayanan dan keandalan pelayanan. Dalam membimbing pelajar,
kami tidak hanya memberikan materi baku yang hanya terdapat di kursus ini,
namun kami selalu membimbing mereka untuk menyelesaikan permasalahan mata
pelajaran bahasa Inggris dan komputer di sekolah mereka. Seperti pembahasan PR
yang diberikan guru sekolah, pembahasan soal – soal menjelang ujian sekolah.
3. Responsiveness
Artinya kesigapan
dan kecepatan penyedia jasa dalam menyelesaikan masalah. Dengan melakukan
rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi yang solid.
Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka dengan cepat
masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari pemecahannya.
4. Assurance
Artinya kemampuan
dan ketrampilan petugas, keramahan, kepercayaan dan keamanan.Dengan memiliki
nama yang baik “al-Khoiriyah” diharapkan bisa menjadi do’a untuk anak didik
kami, kami berani menjamin lulusan “al-Khoiriyah” mampu berkomunikasi bahasa
Inggris dengan baik, akhlak yang baik dan menjadi IT yang handal.
5. Emphaty
Artinya mudah
dimengerti., mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan
konsumen. Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan
dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menerapkan penilaian pada dimensi –dimensi
kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat,
diantaranya:
1. Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya
menjadi harmonis.
2. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
3. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
4. Membentuk
suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
5. Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
6. Laba yang diperoleh dapat meningkat.
E. Aspek Finansial
Jumlah biaya usaha secara keseluruhan
ditaksir sebanyak Rp. 80.000.000,-
Yang diperinci dalam komponen-komponen di bawah ini.
Yang diperinci dalam komponen-komponen di bawah ini.
1. Biaya
renovasi dan persiapan tempat kursus
Rp.
20.000.000
2. Biaya
pekerjaan
sipil Rp.
10.000.000
3. Perabotan
dan peralatan belajar
mengajar
Rp.
10.000.000
4.
Perlengkapan
administrasi
Rp. 5.000.000
5. Biaya
pra-operasi
Rp.
7.000.000
6.
Continguensi
Rp. 10.000.000
7. Modal
kerja permanent
Rp. 20.000.000
Jumlah biaya
usaha
Rp. 82.000.000
Perkiraan Pendapatan Usaha
Biaya Kursus Fisika :
1
|
Fisika SMP
Kelas VII
|
Rp. 80.000
|
2
|
Fisika SMP
Kelas VIII
|
Rp. 80.000
|
3
|
Fisika SMP
Kelas IX
|
Rp. 80.000
|
4
|
Fisika SMA
Kelas X
|
Rp. 100.000
|
5
|
Fisika SMA
Kelas XI
|
Rp. 100.000
|
6
|
Fisika SMA
Kelas XII
|
Rp. 100.000
|
Jumlah =
Rp. 540.000 / pertemuan
F. Aspek Sosial
Dengan didirikannya lembaga kursus ini, kami berharap
bisa membantu perekonomian penduduk di sekitar lokasi lembaga. Masyarakat dapat
membuka warung makanan, alat tulis, fotocopy dan sebagainya.
BAB III PENUTUP
A.KESIMPULAN
Kesimpulan dari proposal yang kami ajukan
yaitu:
1. Model usaha kursus yang kami
jalankan adalah bimbingan belajar Fisika
2. Manfaat yang diperoleh masyarakat
sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar putra – putrinya.
3. Kebijakan pemerintah melarang
sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya,
maka bimbingan kursus sebagai alternative guna menunjang prestasi siswa.
B. SARAN
Dengan
adanya lembaga kursus ini, kami mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya
dapat lebih memahami dan mengerti betapa pentingnya mempelajari Fisika
untuk zaman sekarang ini. Kami berharap dalam kurun waktu satu tahun
pertama lembaga ini sudah di kenal masyarakat Padang dan sekitarnya. Selain
itu, besar harapan kami untuk membuka cabang-cabang bimbel “AL-HIDAYAH”
lainnya di tahun-tahun berikutnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar