Selasa, 03 April 2018

Contoh Proposal Usaha Fisika


Proposal Usaha
Bimbingan Belajar Fisika








Oleh :
 GITRA LEGIARTI
(1301609)







JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2016



BAB I
PENDAHULUAN

1.        Latar Belakang
Di era globalisasi manusia dituntut memiliki sumber daya berkualitas agar bisa bersaing dengan manusia lainnya sehingga dapat bertahan hidup dan meningkatkan kualitas kehidupan. Dalam hal ini kebutuhan hidup manusia yang meliputi pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama di negara berkembang. Salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pendidikan sangat berperan mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa, serta membentuk perilaku yang baik di masyarakat sehingga masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa depan. Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.

Oleh karena itu, kami tertarik melakukan studi kelayakan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anak didik dengan biaya terjangkau untuk semua kalangan. Dengan kata lain, lembaga ini dapat memenuhi kebutuhan pendidikan setiap peserta didik tanpa menitik beratkan biaya yang menjadi beban orangtua.

2.       Tujuan
a. Tujuan umum:
-    Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa
-    Ikut mempersiapkan generasi yang cerdas dan mampu menjawab tuntutan jaman
-    Ikut meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia
-    Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
b. Tujuan khusus:
-       Memberikan pendidikan berkualitas kepada masyarakat
-       Memberikan alternatif pendidikan kepada masyarakat

3.        Usaha yang Akan Dikembangkan
Kami bertujuan merealisasikan dan mengembangkan usaha yang akan kami jalankan. Adapun bentuk usaha yang akan kami jalankan adalah berupa perusahaan jasa yang bergerak di bidang lembaga bimbingan belajar (kursus) Fisika SMA  “Al-Hidayah”.

4.      Penyelenggara
Lembaga ini didirikan dan diselenggarakan oleh 4 orang individu yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan yang berkualitas, mereka adalah 



Sebagai
Pimpinan (Penanggung Jawab)



Sebagai
Administrator

                                                                                
   
                                  Sebagai                                                          sebagai                                                       
Tutor Fisika SMP                                           Tutor Fisika SMA    
                

5.       Tempat Penyelenggaraan
Lembaga ini diselenggarakan di Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat.

6.       Sasaran
Program-program dalam bimbingan belajar ini dibuka untuk anak  SMP, SMA dan anak – anak yang ingin memiliki kemampuan ataupun keahlian di bidang Fisika dengan cepat dan mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus.


7.       Analisis Pesaing
a.    Pesaing
Adanya lembaga-lembaga bimbel ternama yang terlahir lebih dulu seperti GAMA dan Ganesha  tidak membuat kami pesimis karena lembaga-lembaga bimbel masih banyak diminati, dan kebetulan di tempat ini belum ada lembaga bimbel lainnya.

b.    Resiko 
Resiko yang dipertimbangkan dalam memulai dan mengembangkan usaha ini adalah
            harus mampu bersaing dengan lembaga bimbel lainnya
Hambatan ini dapat diminimalisir dengan menciptakan inovasi yang berbeda dari lembaga bimbel lainnya, baik dari segi pelayanan, harga, tempat dan lain-lain.


BAB II
DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK

A. Aspek Pemasaran

Program-program dalam bimbingan belajar ini dibuka untuk anak SMP dan SMA dan anak – anak yang ingin memiliki kemampuan ataupun keahlian di bidang Mata Pelajaran Fisika .

Adapun program yang ditujukan kepada pelajar tingkat SMP sampai SMA yaitu:

Tabel 1. Biaya Kursus Fisika

No
Jenis
Biaya
1
Fisika SMP Kelas VII
Rp. 80.000
2
Fisika SMP Kelas VIII
Rp. 80.000
3
Fisika SMP Kelas IX
Rp. 80.000
4
Fisika SMA Kelas X
Rp. 100.000
5
Fisika SMA Kelas XI
Rp. 100.000
   6
Fisika SMA Kelas XII
Rp. 100.000



Tabel 2. Waktu Kursus
No
Kelas
Waktu
1
Pagi                                      
08.00 – 09.00
09.30 – 11.00
2
Siang
13.30 – 15.00
15.00 – 16.30
3
Sore
16.30 – 18.00

Semua pertemuan dilakukan secara reguler dua kali dalam seminggu dengan durasi 90 menit/ pertemuan.

B.   Aspek yuridis
Pertama sekali kami membuat ijin dengan melapor kepada ketua RT setempat  untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.

C.    Aspek Organisasi dan Manajemen
Bimbel  ini berangkat dari sebuah lembaga yang berdiri karena kemitraan, sehingga jumlah personil masih terbatas dan bahkan hasil rekruting dari lingkungan mitra kuliah (teman di perkuliahan). Tetapi nantinya sejalan dengan perkembangan perusahaan , maka harus ada perubahan baik system rekruting, jumlah personal dan stratifikasi serta kualifikasi tenaga yang dibutuhkan. Dalam pengertian ini, rekruting pekerja bertolak dari ukuran kualitas sumber daya manusia, dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang ada di perusahaan. Kini tenaga kerja di tempat kami masih berjumlah empat orang, meliputi satu pimpinan (penanggung jawab), dua tutor,dan satu administrator. Walaupun dengan personil yang terbatas, namun kami dapat mengatasi kekurangan dengan menerapkan all in one job desk. Dalam pengertian setiap orang yang menempati posisi tertentu memiliki beberapa job desk yang bahkan tidak berkaitan dengan posisinya.
Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah kualitas bukan kuantitas, jadi dengan keterbatasan personil kami dapat meminimalisir cotibusion margin perusahaan. Walaupun terbatas, namun kami memiliki SDM yang berkualitas. Hanya dengan SDM yang berkualitas, perusahaan akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya. Di samping itu, kami senantiasa berusaha untuk menetapkan pola strategi pemasaran yang dapat memenuhi kepuasan konsumen (costumer satisfaction). Untuk memenuhi SDM yang sesuai dengan tuntutan manajemen, kami menerapkan disiplin yang tinggi, sehingga dapat menangani pekerjaannya dengan efisien, mampu mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
Walaupun bimbel ini berangkat dari usaha kemitraan, tetapi dalam pengelolaannya kami memberlakukan kaidah – kaidah manajemen modern. Berangkat dari system organisasi yang tergolong sederhana, kami membuat bangun organisasi dan tata kerja yang mampu menampung seluruh kegiatan perusahaan. Sehingga jalur komando, jalur koordinasi, tugas dan tanggung jawab tidak birokratis atau berbelit – belit namun jelas, terarah serta dapat dipertanggunngjawabkan.


D. Aspek Teknik Pelayanan
Pada awal berdiri dan usaha sendiri kami bermodalkan ruko (rumah dan toko) yang dimiliki oleh salah satu dari kami. Pemanfaatan ruko tersebut sebagai lokasi kursus bisa dibilang sangat strategis, karena terletak di Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat. Dimana di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah, mulai dari SMP sampai dengan SMA. Dan tepatnya bimbel ini berada di depan komplek perumahan yang kemungkinan besar peluangnya untuk mendaftar karena penduduknya hampir seluruhnya adalah orang mampu yang pastinya selalu mengedepankan pendidikan. Dengan kapasitas ruko yang memiliki tiga ruangan yang dimanfaatkan sebagai kelas, tiap kelas dapat menampung 25 siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa. Dengan fasilitas yang standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam variable cost. Karena dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan pengajaran Fisika yang berkualitas.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan kursus ini akan lebih mendekatkan costumer satisfaction guna menjaga keloyalitasan costumernya. Ada beberapa hal yang menjadi key to success kami dalam menjaga keloyalitasan costumer, yaitu meliputi:
1.             Tangibles
Artinya fasilitas fisik yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan menempati ruko bangunan baru, suasana belajar akan terasa nyaman dan kondusif.
2.             Reliability
Artinya konsisten dalam penampilan pelayanan dan keandalan pelayanan. Dalam membimbing pelajar, kami tidak hanya memberikan materi baku yang hanya terdapat di kursus ini, namun kami selalu membimbing mereka untuk menyelesaikan permasalahan mata pelajaran bahasa Inggris dan komputer di sekolah mereka. Seperti pembahasan PR yang diberikan guru sekolah, pembahasan soal – soal menjelang ujian sekolah.
3.             Responsiveness
Artinya kesigapan dan kecepatan penyedia jasa dalam menyelesaikan masalah. Dengan melakukan rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi yang solid. Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka dengan cepat masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari pemecahannya.
4.             Assurance
Artinya kemampuan dan ketrampilan petugas, keramahan, kepercayaan dan keamanan.Dengan memiliki nama yang baik “al-Khoiriyah” diharapkan bisa menjadi do’a untuk anak didik kami, kami berani menjamin lulusan “al-Khoiriyah” mampu berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik, akhlak yang baik dan menjadi IT yang handal.
5.             Emphaty
Artinya mudah dimengerti., mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan konsumen. Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menerapkan penilaian pada dimensi –dimensi kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:
1. Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
2. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
3. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
4.  Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
5. Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
6. Laba yang diperoleh dapat meningkat.

E.     Aspek Finansial
      
        Jumlah biaya usaha secara keseluruhan ditaksir sebanyak Rp. 80.000.000,-
Yang diperinci dalam komponen-komponen di bawah ini.

1. Biaya renovasi dan persiapan tempat kursus                                                   Rp. 20.000.000
2. Biaya pekerjaan sipil                                                                                       Rp. 10.000.000
3. Perabotan dan peralatan belajar mengajar                                                       Rp. 10.000.000
4. Perlengkapan administrasi                                                                                 Rp. 5.000.000
5. Biaya pra-operasi                                                                                               Rp. 7.000.000
6. Continguensi                                                                                                    Rp. 10.000.000
7. Modal kerja permanent                                                                                    Rp. 20.000.000
Jumlah biaya usaha                                                                                         Rp. 82.000.000

Perkiraan Pendapatan Usaha

Biaya Kursus Fisika :

1
Fisika SMP Kelas VII
Rp. 80.000
2
Fisika SMP Kelas VIII
Rp. 80.000
3
Fisika SMP Kelas IX
Rp. 80.000
4
Fisika SMA Kelas X
Rp. 100.000
5
Fisika SMA Kelas XI
Rp. 100.000
   6
Fisika SMA Kelas XII
Rp. 100.000

Jumlah                                                 = Rp. 540.000 / pertemuan


       F. Aspek Sosial
Dengan didirikannya lembaga kursus ini, kami berharap bisa membantu perekonomian penduduk di sekitar lokasi lembaga. Masyarakat dapat membuka warung makanan, alat tulis, fotocopy dan sebagainya.



BAB III PENUTUP


A.KESIMPULAN

     Kesimpulan dari proposal yang kami ajukan yaitu:
1.  Model usaha kursus yang kami jalankan adalah bimbingan belajar Fisika
2.  Manfaat yang diperoleh masyarakat sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar putra – putrinya.
3.  Kebijakan pemerintah melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya, maka bimbingan kursus sebagai alternative guna menunjang prestasi siswa.

B. SARAN

Dengan adanya lembaga kursus ini, kami mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya dapat lebih memahami dan mengerti  betapa pentingnya mempelajari Fisika untuk zaman sekarang ini. Kami berharap dalam kurun waktu satu tahun pertama lembaga ini sudah di kenal masyarakat Padang dan sekitarnya. Selain itu, besar harapan kami untuk membuka cabang-cabang bimbel “AL-HIDAYAH” lainnya di tahun-tahun berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar